Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A

Daftar Isi

Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A . Modul ini menjadi pelengkap dan menambah variasi contoh dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Anda tetap dianjurkan untuk membaca panduan tersebut agar memahami modul lebih menyeluruh.

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SDPaket A

TOPIK 5 : Asesmen SD/Paket A

Memetakan Kompetensi Murid

Pembelajaran sesuai Kebutuhan Murid

Memberikan Umpan Balik dalam Proses Belajar

Adapun Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A yang benarnya sudah admin tandai dengan cetak berwarnah biru. Untuk jawaban saya perhatikan tiap guru berbeda beda urutan nomor dan pilihan jawaban tetapi untuk soal dan jawaban tidak berbeda hanya sifatnya di acak. Jadi disini guru perlu membaca baik baik sehinnga tidak salah menjawab. 

Kunci Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A

Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A sebagai berikut :

1. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.

Jawab : Benar

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.

Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.

Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.

Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.

Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.

Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.

Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?

A. 1 dan 3

B. 2 dan 4

C. 3 dan 5

D. 2 dan 3

E. 1 dan 5

3. Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran Matematika berikut.

Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai.

Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?

A. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain.

B. Mengubah teknik asesmen

C. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.

D. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.

4. Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.

Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya? 

A. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor 

B. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor

C. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor

D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor

5. Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....

A. Asesmen formatif
 
B. Asesmen sumatif

C. Asesmen formatif dan sumatif

D. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif bergantung pada pertimbangan satuan pendidikan

6. Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....

A. Capaian Pembelajaran

B. Alur tujuan pembelajaran

C. Poin penting dari materi yang sudah diberikan 

D. Semua benar

7. Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

A. Benar.

B. Salah.

8. Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.

Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?

Murid: "Hmm... judul?

Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?

Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"

A. Klarifikasi

B. Nilai

C. Perhatian

D. Saran

E. Apresiasi

Kesimpulan

Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Asesmen

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Menyiapkan Asesmen SD/ Paket A

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A

Demikianlah artikel admin tentang Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A. Semoga bermanfaat

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar