Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi . Keterlibatan murid dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Kelas yang menyenangkan, dapat memotivasi murid untuk terlibat dengan aktif dan gembira. Oleh karenanya, guru perlu memahami bagaimana menselaraskan materi dengan kebutuhan murid.
Asesemen diagnostik merupakan cara untuk mengetahui perkembangan murid setiap harinya sehingga guru bisa menentukan materi yang tepat untuk murid di pembelajaran selanjutnya.
TOPIK 6 : Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/ Paket A
Pemahaman dan Identifikasi kebutuhan dan karakterisrik murid
Penerapan strategi menyesuaikan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran pada jenjang PAUD - SMA/K
Penerapan strategi penguatan literasi di dalam kelas pada jenjang PAUD-SMA/K
Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Perencanaan Pembelajaran sebagai konsep dasarnya.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai berikut :
1. Simak langkah-langkah berikut:
1. Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin dia ketahui
2. Murid melakukan refleksi atas kemampuannya
3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid
4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah...
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
2. Bagaimana perubahan peran Guru dalam sebuah kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
A. Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan mana saja.
C. Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar.
D. A dan B adalah jawaban benar
4. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?
A. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.
B. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
D. Semua salah
Kesimpulan
Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar. Benar tidaknya jawaban diatas belum admin 100 pastikan
Baca Juga :
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SD
Demikianlah artikel admin tentang Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Semoga bermanfaat
Posting Komentar
Komentar