Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid
Gurubelajar. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid . Ragam strategi dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat dilakukan dengan melakukan penyesuaian kebutuhan murid terhadap rencana pembelajaran yang telah disusun.
Dalam modul ini kita akan belajar rangkaian proses bagaimana mengatasi tantangan akan perbedaan kebutuhan dan kemampuan murid, sehingga murid tetap mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan..
Kita akan belajar tahapan perkembangan dari ke-4 elemen dimensi ini dan bagaimana contoh pembelajarannya di sekolah.
TOPIK : Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/ Paket A
Pemahaman dan Identifikasi kebutuhan dan karakterisrik murid
Penerapan strategi menyesuaikan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran pada jenjang PAUD - SMA/K
Penerapan strategi penguatan literasi di dalam kelas pada jenjang PAUD-SMA/K
Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Perencanaan Pembelajaran sebagai konsep dasarnya.
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid
Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid sebagai berikut :
1. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:
Kunci jawaban: Bakat murid
2. Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.
Kunci jawaban: Benar.
3. Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?
Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.
Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.
Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan
Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.
Kunci jawaban : 1, 3, 4
4. Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu kata ‘IBU’, membacakan, lalu mengeja kata pada kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal. Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?
Kunci jawaban: Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.
5. Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?
Kunci jawaban: Modifikasi produk akhir
6. Perhatikan kemampuan prasyarat berikut:
Murid dapat menulis kalimat lengkap dengan struktur S-P-O-K
Murid dapat membedakan fakta dengan opini
Murid dapat membedakan kalimat utamKunci jawaban:a dengan kalimat penjelas
Murid dapat membaca cepat
Murid dapat menyampaikan ide secara lisan
Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:
Kunci jawaban: 2 dan 3
7. Setelah melaksanakan asesmen kognitif untuk materi Algoritma, Guru Kelas menemukan ada murid yang belum berhasil mengerjakan soal-soal tersebut sama sekali. Apa yang dapat dilakukan Guru Kelas untuk menindaklanjuti hasil tersebut?
Kunci jawaban: Guru Kelas memberikan pembelajaran remedial untuk berpikir komputasional
8. Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?
Kunci jawaban: Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.
9. Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:
Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.
Menentukan capaian yang sama untuk seluruh murid di kelas.
Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.
Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah…
Kunci jawaban: Nomor 1 dan 3
Kesimpulan
Adapun jawaban diatas hanya sebagai referensi bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal post test dalam platform merdeka mengajar.
Baca Juga :
Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SD
Baca Juga Jawaban Topik Lainnya :
Kunci Jawaban Topik : Merdeka Belajar
Kunci Jawaban Topik : Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban Topik : Asesmen SD/Paket A
Kunci Jawaban Topik : Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A
Kunci Jawaban Topik : Profil Pelajar Pancasila
Kunci Jawaban Topik : Disiplin Positif
Demikianlah artikel admin tentang Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid. Semoga bermanfaat
Posting Komentar
Komentar