5 Jenis Pelanggan yang Harus Diketahui Pebisnis dan Cara Menghadapinya

Daftar Isi

5 Jenis Pelanggan yang Harus Diketahui Pebisnis dan Cara Menghadapinya. Kebiasaan berbisnis membutuhkan banyak kesabaran terutama untuk melayani pelanggan. Terkadang bisa pusing bagi para pedagang karena pelanggannya sangat beragam. 

Pebisnis harus pintar-pintar menghadapi banyaknya pelanggan dan jangan marah ketika pelanggan mulai menanyakan itu dan ini.

5 Jenis Pelanggan yang Harus Diketahui Pebisnis dan Cara Menghadapinya

Yang penting, sebagai pedagang, Anda harus tahu bahwa Anda benar-benar membutuhkan pelanggan. Hubungan bilateral ini perlu beriringan dan juga harmonis. Pelanggan membeli dari Anda, pelanggan puas, selanjutnya Anda akan mendapatkan pelanggan konstan yang membeli dengan kita. 

Anda sebagai pedagang juga senang telah menyediakan produk serta layanan yang baik. Hanya dengan begitu pelanggan akan bertahan!

Baca Juga : 10 Resep Es Krim Malaysia Viral Langka ! Cocok Untuk Membuat Bisnis di Indonesia

Mari bagikan beberapa fitur pelanggan/prospek yang akan Anda temukan saat menjalankan bisnis baik online maupun offline. Ketika kita tahu bagaimana ragamnya pelanggan, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk meluluhkan hati mereka untuk membeli dari Anda.

Lima Jenis Pelanggan yang Harus Diketahui Pebisnis dan Cara Menghadapinya

Di antara jenis jenis pelanggan Anda dan cara menghadapinya:

1. Sering mengajukan harga dan pertanyaan, tetapi tidak membeli

Jenis pelanggan seperti itu adalah kejadian yang sering Anda temukan. Biasanya fitur ini tersedia untuk pelanggan yang hanya ingin 'mensurvei' harga dan membandingkannya dengan penjual lain. Hanya ada pertanyaan tetapi sampai akhir hari pelanggan ini tidak membeli meskipun kami telah menjawab semua pertanyaan yang mereka berikan. Ada juga yang mengajukan pertanyaan dan diam pada akhirnya.

Cara mengatasinya:

Saat Anda berhadapan dengan pelanggan seperti ini, jangan paksa mereka untuk membeli dengan mengejar mereka secara berlebihan. Tidak semua pelanggan menyukainya jika Anda secara teratur mengirim pesan atau panggilan mereka. 

Jika mereka tidak tertarik, Anda tidak ingin harus mengabaikannya juga karena Anda sebenarnya membuang-buang waktu untuk mengejar prospek yang tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda. Anda sebaiknya fokus pada pelanggan lain. Jangan berkecil hati.

2. Pelanggan kurang sopan

Yang pernah bertemu? Apa tindakan Anda? Terus bertindak kurang sopan juga? Pelanggan yang kasar biasanya akan menemukan ketika mereka tidak puas dengan layanan atau produk Anda. Anda tidak akan dapat mengantisipasi temperamen pelanggan Anda.

Cara mengatasinya:

Pebisnis harus menangani situasi ini dengan hati-hati dan paling tidak emosional. Apa yang bisa kamu lakukan?

a. Tenang dan tidak mudah percaya pada kata-kata pelanggan.

b. Bertindak bijak dengan argumen yang baik agar tidak menyinggung pelanggang.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

3 Pelanggan yang agak tidak sabar

Pelanggang yang kurang sabar. Beli online pada hari itu tetapi minta pedagang untuk dapat pada hari itu juga. Kalau COD (cash on delivery), tidak apa-apa, tapi bagaimana dengan jenis pengirimannya yang jauh? Jangan memaksakan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang konyol terdebut.

Cara mengatasinya:

Jangan terus menjanjikan kepada pelanggan bahwa Anda akan mengirimkan barang pada waktu atau hari yang ditentukan seperti hari berikutnya karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi mungkin Anda sakit atau tidak dapat mengirimkan barang pada waktu yang dijanjikan. 

Berikan jangka waktu tertentu seperti 2-3 hari kerja dan pastikan Anda selalu memperbarui pelacakan tidak serta perjalanan barang yang Anda kirim juga. Jangan lupa untuk bertanya kepada pelanggan apakah mereka sudah mendapatkan barang tersebut atau belum.

4. Pelanggan yang ragu-ragu untuk membeli

Pelanggan seperti ini biasanya mengajukan banyak pertanyaan dan berkata banyak, "Bisakah Anda mempercayai produk ini?" , "Apakah ada efek samping?" atau "Apakah Anda sudah lama menjual barang ini?". Ketika Anda dihadapkan dengan pelanggan yang penuh keraguan, pedagang harus mencoba meyakinkan pembeli.

Cara menangani:

Yakinkan pelanggan Anda dengan keunggulan produk, testimonial, dan jaminan produk kepada pelanggan Anda. TAPI ingatlah untuk tidak menjadi pebisnis yang tidak beralasan dan tidak beradab dengan mengadopsi testimoni dari pebisnis lain.

Baca Juga :  4 Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah

5. Pelanggan yang sudah mengetahui semua

Pedagang pasti menyukai pembeli seperti ini, konsumen ini sudah mengetahui tentang produk tersebut dan tertarik untuk membeli dengan Anda. Yang penting, mereka tidak membuang waktu Anda dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan dan terus membeli.

Cara mengatasinya:

Jika Anda sudah mengetahui minat dan preferensi pembeli Anda, fokuslah pada hal itu. Bukan ketika pelanggan tertarik dengan Produk A, Anda hanya terus memancing dengan Produk B. Mungkin Anda ingin menghasilkan lebih banyak keuntungan tetapi tidak menggunakannya karena tindakan Anda dapat mengakibatkan pembeli Anda kehilangan minat dan tidak membeli. Anda juga yang rugi seperti itu.

Apa pun yang harus Anda ingat, tidak semua prospek yang datang pasti akan menjadi pelanggan Anda. Yang pasti, apa pun sifat Anda, kejenakaan, karena pelanggan yang Anda temui, Anda perlu memperlakukan mereka sebaik mungkin, mungkin mereka tidak membeli dengan Anda sekarang tetapi siapa yang tahu di masa depan, rezeki mungkin milik Anda, Jangan putus asa. Membuat dan menyebarkan yang baik.

Semoga artikel tentang Jenis Pelanggan yang Harus Diketahui Pebisnis dan Cara Menghadapinya. Bisa bermanfaat, Trimah kasih

Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar