Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Jawaban Kuis Pelajaran 2 Critical Thinking : Berpikir Kritis dan Teknologi Program Guru Belajar Seri Semangat Guru.
Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi dirancang untuk memberikan solusi peningkatan kemampuan nonteknis (soft skills) bagi para guru dan tenaga kependidikan, sebagai pendukung akselerasi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar saat ini.
Adapun Kurikulum Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi di bagi menjadi 6 pelajaran. Di bawah ini admin akan uraikan 1 bersatu dari kenam kunci jawaban Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru yaitu :
Soal dan Jawaban Kuis Pelajaran 2 Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi Program Guru Belajar Seri Semangat Guru
Jawaban Penilaian Kuis Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking
Adapun jawaban yang benar dari Jawaban Kuis Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking Program Guru Belajar Seri Semangat Guru sudah admin tandai dengan cetak yang berwarna hijau.
1. Apa itu berpikir kritis?
Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
2. Apa produk berpikir kritis?
Konsep
Gagasan baru
Penilaian dan keyakinan
Solusi
3. Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?
A. Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.
B. Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif
A dan B benar
A dan B salah.
4. Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
SSSP adalah praktik berpikir kritis.
SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
Semua jawaban benar
5. Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Observasi
Insight
Emosi
Ingatan
6. Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Observasi
Insight
Emosi
Ingatan
7. Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis
Setiap orang terampil berpikir kritis
Setiap orang mampu berpikir kritis
Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis
Semua jawaban benar.
8. Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar
Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
Semua jawaban benar
9. Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
Topik pelajaran
LIrik lagu pop
Alur cerita film fiksi sains
Semua jawaban benar.
10. Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.
Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat
Semua benar
Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking
1. Apa produk berpikir kritis?
Penilaian dan keyakinan
Solusi
Konsep
Gagasan baru
2. Apa itu berpikir kritis?
Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
3. Apa itu berpikir kritis?
Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.
Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat
Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.
4. Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis
Setiap orang mampu berpikir kritis
Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis
Setiap orang terampil berpikir kritis
Semua jawaban benar.
5. Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
SSSP adalah praktik berpikir kritis.
SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.
SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.
Semua jawaban benar
Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking
1. Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Insight
Emosi
Ingatan
Observasi
2. Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam
Emosi
Ingatan
Observasi
Insight
3. Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Semua jawaban benar
Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar
Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid
Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)
4. Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.
Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan
JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat
Semua benar
5. Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
Topik pelajaran
LIrik lagu pop
Alur cerita film fiksi sains
Semua jawaban benar
Demikianlah artikel admin tentang Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Critical Thinking Program Guru Belajar Seri Semangat Guru . semoga besa bermanfaat.
Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/
1 komentar
Komentar