RPP Covid Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2021

Daftar Isi

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan RPP Covid Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2021/2022 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring. 

RPP Covid Kelas 6 Semester 2 Revisi 2021

Dalam RPP COVID yang admin bagikan ini untuk kelas 6 semester 1 sudah lengkap semua tema yakni : Tema 1, Selamatkan Makhluk Hidup, Tema 2, Persatuan dalam Perbedaan, Tema 3, Tokoh dan Penemuan, Tema 4, Globalilasi dan Tema 5, Wirausaha.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan referensi RPP Daring, dimana RPP ini desesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti website youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting.

Dengan adanya RPP kelas 6 ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk semester 1 dan 2 tahun ajaran 2021/2022

Contoh RPP Covid Kelas 6 Semester 1 dan 2

Adapun Referensi RPP Covid Kelas 6  Semester 1 dan 2 yang kami bagikan seperti terlihat di bawah ini :

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6
Tema : 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema : 2. Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran : 2
Semester : 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi Dasar Materi

Bahasa Indonesia
3.6 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi.
4.6 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan
pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual . 
Materi : Pengaitan peristiwa yang dialami tokoh
dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
SBdP
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah
Materi : Tari kreasi daerah

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik diharapkan dapat mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi; menyebutksn jenis-jenis tari kreasi dengan tepat.

Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

Bahan/Materi
Video Pembelajaran

Penilaian
(1) Keaktivan partisipasi , (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh , (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

PESAN UNTUK ORANG TUA
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran
kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi
ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Kegiatan Pembelajaran 

Kegiatan pembelajaran 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat
dan bersemangat. Budaya membaca merupakan salah satu kunci membangun masyarakat sejahtera. Karena dengan membaca, kita akan memperoleh informasi sehingga masyarakat dapat menjadi lebih cerdas dan lebih kreatif.
Tidak hanya cerita yang berupa fakta atau nonfiksi, cerita fiksi pun dapat menambah wawasan dan hiburan. Dengan membaca cerita fiksi, kita dapat mengimajinasikan sendiri peristiwa dalam cerita tersebut. Bahkan tak jarang sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang.
Apakah kalian pernah merasakan hal yang sama? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak
video pada link berikut ini.
https://youtu.be/IzLZI4SRjNE
Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?
Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan di bawah
ini!
1. Siapakah tokoh-tokoh dalam cerita tersebut?
2. Jelaskan isi yang terkandung dalam cerita!
3. Apakah kalian pernah mengalami peristiwa yang sama dengan tokoh
tersebut? Jelaskan!
4. Berdasarkan pengalaman kalian, mungkinkah sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang? Jelaskan!

Tulis jawabanmu di buku tulis, paparkan dengan rekam suara. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru

Kegiatan 2
Membangun masyarakat sejahtera juga dapat dilakukan dengan melestarikan kebudayaan bangsa, salah satunya dengan mempelajari tarian. Keunikan dan keindahan tari daerah dapat menarik minat wisatawan asing sehingga akan menambah pendapatan dan devisa negara, maka masyarakat sejahtera pun akan terwujud.
Hari ini kita akan belajar salah satu jenis tari, yaitu tari kreasi. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Apa saja jenisjenis tari kreasi? Untuk lebih jelasnya lagi, silakan disimak video pada link berikut ini. 
Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.
https://youtu.be/YW-pskvf8UI
Bagaimana penjelasan video tadi? Mudah dipahami, bukan?

Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apa yang dimaksud dengan tari kreasi?
2. Berilah tiga contoh tari kontemporer dan penciptanya!
3. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis tari kreasi berdasarkan jumlah penarinya!
4. Unsur-unsur utama dalam tari ada tiga, yaitu : wiraga, wirama dan wirasa. Apa yang terjadi apabila salah satu dari unsur tersebut tidak ada?
Mengapa demikian ?
Kerjakanlah dengan tekun dan teliti. Tulis di buku, bila telah selesai kirim kepada Bapak/ Ibu guru.

TIM PENULIS:
1. Amir abdullah, SE.S.Pd.SD
2. Mulyana S.Pd
3. Desry Farlian, S.Pd.SD
4. Rusto Wibowo, M.Pd
5. Dr. Sri Handayani, M.M.

Download RPP Covid Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2021

Apabila sekiranya bapak dan ibu guru berminat dengan file RPP  Diatas lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :

Download RPP Covid Kelas 6 Tema 5 Subtema 3

Demikianlah artikel kami tentang RPP Covid Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2021, mudah mudahan bisa bermanfaat.
Asrul251
Asrul251 Menyukai Blog dan berbagi informasi yang bermanfaat melalui blog. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi admin di WA atau bisa  Klik langsung disini

Posting Komentar