RPP Covid Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2021
Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan RPP Covid Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2021. Menyambut Tahun Pelajaran 2020/2021 ditengah Pandemi Covid-19 dimana pembelajaran masih berlangsung dengan sistem belajar daring. Para guru juga akan mencari referensi RPP Covid dalam bentuk mode daring.
Dalam Administrasi ini sudah memuat 4 tema yang ada di kelas 2 semester 1 yaitu Tema 1 Diriku,
Tema 2 Kegemaranku, Tema 3 Kegiatanku, Tema 4 Keluargaku
Administrasi yang akan bagikan yaitu referensi RPP Covid mode Daring kelas 1 semester 1 dan 2 revisi 2021, dimana RPP ini desesuaikan dengan KD yang ada dalam kurikulum khusus atau kurikulum covid yang sudah sudah disederhanakan dari kurikulum nasional. Adapun media pembelajaran yang digunakan berbasis online seperti website youtube, Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting.
Dengan adanya RPP ini semoga bisa menjadi bahan referensi untuk kelengkapan administrasi pembelajaran untuk 2 semester tahun ajaran 2020/2021
Contoh RPP Covid Kelas 1 Semester 2
Kelas : I
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalaman Bersama Teman
Pembelajaran : 2
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar Materi RPP Covid Kelas 1
Bahasa Indonesia3.5 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.5 Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
PJOK
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
Materi : Gerak Bertumpu
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menulis kalimat permintaan maaf; mempraktikkan gerakbertumpu dengan semangat dan percaya diri.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka
Bahan/Materi
PESAN UNTUK ORANG TUA
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat
tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat
memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda, jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam
melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari
penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Kegiatan Pembelajarn
Kegiatan 1Sebelum memulai pembelajaran, kita menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu, ya! Selanjutnya kita ikuti pembelajaran ya, Nak! Tahukah anak-anak, seseorang yang meminta maaf tidak akan menjadikan dirinya hina, dan yang memaafkan tidak menjadikan dirinya rendah, melainkan mulia.
Orang yang meminta maaf dapat terlepas dari rasa bersalah. Memaafkan dapat menyelesaikan permasalahan. Kita harus meminta maaf jika bersalah. Kita pun harus memaafkan jika ada teman yang meminta maaf. Saling memaafkan dapat menciptakan hubungan pertemanan yang lebih baik.
Seperti cerita Lani dan Siti berikut, anak-anak simak ya!
https://www.youtube.com/watch?v=ErcIgE_B_Y&t=15s
Anak-anak sudah melihat contoh meminta maaf di video. Pernahkah anak-anak melalukan kesalahan kepada teman kalian? Bagaimana cara kalian meminta maaf?
Tulis dibuku tulis kalian ya, Nak!
Contoh:
1. Ira, aku minta maaf ya, sudah menghilangkan pensilmu!
2. Mirna, Maaf aku terlambat mengembalikan bukumu!
Kegiatan 2
Anak-anak sudah melihat divideo contoh gerakan bertumpu. Gerak bertumpu adalah gerakan yang dilakukan menekan/menolakkan telapak tangan atau kaki pada sesuatu (biasanya benda mati seperti kursi, meja, tongkat, dll). Gerakan bertumpu dilakukan untuk mendapat kekuatan/tekanan.
Anak-anak dapat mempraktikkannya di rumah bersama anggota keluarga. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu ya!
Olahraga menyehatkan. Selamat berolahraga anak-anak! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
TIM PENULIS:
1. Dewi Puji Lestari, S.Pd.
2. Susi Susanti, S.Pd.
3. Dr. Sulartinah, M.Pd.
4. Dr. Sri Handayani, M.M.
Posting Komentar
Komentar