Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku
Daftar Isi
Soal PH K13 Kelas 4
Tema 9 Kayanya
Negeriku. Soal ini terdiri atas 3
subtema
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar ( assesment as learning ), penilaian sebagai proses pembelajaran ( assessment forlearning ),dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran ( assessment of learning ). Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan.
Prosedur
dalam Pembuatan Soal PH K13
Prosedur dalam
pembuatan soal ulangan dimulai
dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan
penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
Untuk mengetahui ketuntasan
belajar (mastery learning), penilaian ditujukan untuk mengidentifikasi
kelemahan dan kekuatan (diagnostic) proses pembelajaran. Hasil tes diagnostic ,
ditindaklanjuti dengan pemberian umpan balik (feedback)kepada peserta didik, sehingga
hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.
Penilaian Soal PH menggunakan angka dengan rentang capaian/nilai 0 sampai dengan 100 dan deskripsi. Deskripsi dibuat dengan menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Deskripsi berisi beberapa pengetahuan yang sangat baik dan/atau baik dikuasai oleh peserta didik dan yang penguasaannya belum optimal.
Jenis
dan Bentuk Soal PH K13
1.
Teknik
dan
bentuk soal ph k13 kelas 4 menggunakan
tes tulis, lisan, dan penugasan.
Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah. Berikut
Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah. Berikut
a. Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan
pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini
dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili
dalam instrumen yang akan disusun.
b. Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman
dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator
soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam
penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan
kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi
untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester.
c. Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu
pada kaidah-kaidah penulisan soal. Soal-soal yang telah disusun kemudian
dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan
pelajaran dalam satu perangkat tes dapat juga disajikan secara
terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.
d. Melakukan penskoran berdasarkan pedoman
penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk
penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian harian digunakan untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan
mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial
atau pengayaan.
2.
Tes
Lisan Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang
diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut
secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun
paragraf. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat,
menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri,
dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan
dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan juga dapat
digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan
motivasi siswa dalam belajar. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai
berikut:
a. Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan
pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini
dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili
dalam instrumen yang akan disusun.
b. Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman
dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siwa secara lisan.
c. Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan
disampaikan secara lisan.
d. Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan
mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial
atau pengayaan.
3.
Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau
memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang
berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran ( assessmen tof
learning ). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses
pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara
individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang
dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah.
Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester
Penilaian Pengetahuan dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester
Waktu
dalam Melakukan PH K13
Penilaian Harian (PH) K13 Penilaian harian dilaksanakan setelah
menyelesaikan pembelajaran satu sub-tema. Dalam pelaksanaannya penilaian harian
dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau penugasan sesuai dengan kebutuhan guru.
Fungsi penilaian harian yaitu untuk perbaikan pembelajaran dan juga sebagai
salah satu bahan pengisian Rapor Peserta Didik. Penilaian harian yang
dilaksanakan secara tertulis sekurang-kurangnya satu kali untuk satu tema.
Nilai pengetahuan yang diperoleh dari penilaian harian ditulis NPH,
penulisannya menggunakan angka pada rentangan 0-100.
Contoh Soal
PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku
Latihan Soal Subtema 1
Contoh Soal PH Soal
PH Bahasa Indonesia
1. Manfaat dari
wawancara adalah . . . .
a. memperoleh
informasi
b. berkenalan dengan
orang baru
c. mendapatkan
kegiatan
d. mendapat
pengalaman
2. Sebelum melakukan
wawancara, kamu sebaiknya membuat . . . . .
3. Bagaimana sikap
yang baik dalam wawancara?
4. Tuliskan format
laporan wawancara!
5. Buatlah daftar
pertanyaan tentang pemanfaatan sumber daya alam!
Contoh Soal PH IPA KD 3.5
1. Asal energi
biomassa adalah . . . .
a. bahan organik
b. batuan panas
c. panas bumi
d. ombak di laut
2. Tuliskan tiga
sumber energi yang dapat diperbarui dalam kehidupan sehari-hari!
3. Tuliskan tiga
sumber energi yang tidak dapat terbarukan!
4. Tuliskan perbedaan
sumber daya alam hayati dan nonhayati! Serta berikan contohnya!
5. Apa manfaat energi
bagi kehidupan sehari-hari?
Contoh Soal PH IPS
KD 3.1
1. Berikut ini yang
bukan yang merupakan fungsi lingkungan bagi manusia . . . .
a. sebagai tempat
tinggal
b. sebagai tempat
mencari makan
c. sebagai hiasan
d. sebagai tempat
berlangsungnya kegiatan manusia
2. Tiga pembagian
keadaan alam atau bentang alam adalah . . . .
3. Jelaskan yang
dimaksud dengan lingkungan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan manusia!
4. Menurut
pendapatmu, bagaiamana kegiatan ekonomi yang ada di kawasan dataran rendah?
5. Apa yang terjadi
jika kegiatan ekonomi di suatu daerah
mengalami gangguan?
Contoh Soal PH PPKn KD 3.4
1. Sesuatu yang diterima
atau diperoleh setiap orang adalah pengertian dari . . . .
a. hak
b. kewajiban
c. keinginan
d. kebutuhan
2. Apa perbedaan
antara hak dan kewajiban? Manakah yang harus didahulukan?
3. Tuliskan
masing-masing dua contoh hak dan kewajibanmu di lingkungan tempat tinggalmu!
4. Tuliskan
kewajibanmu terhadap lingkungan terkait penggunaan energi!
5. Apa yang kamu
sampaikan kepada orang lain agar mereka ikut menjaga kelestarian lingkungan?
Contoh Soal PH SBdP
KD 3.2
1. Berikut merupakan
nada tempo cepat adalah . . . .
a. andante
b. moderato
c. adagio
d. allegro
2. Nada tempo
moderato adalah nada dengan tempo . . . .
a. cepat
b. sedang
c. agak cepat
d. sangat cepat
3. Carilah dua judul
lagu yang menceritakan tentang alam!
4. Tuliskan kelompok
tempo lambat!
5. Carilah dua lagu
nasional dengan tempo allegro!
Latihan Soal
Subtema 2
Contoh Soal PH Bahasa
Indonesia KD
1. Berikut yang
termasuk sumber daya hayati adalah . . . .
a. kelapa sawit
b. bijih besi
c. batu bara
d. minyak bumi
2. Buatlah satu
contoh kesimpulan hasil wawancara tentang sumber daya alam!
3. Jelaskan tata cara
dalam melakukan wawancara!
4. Mengapa kita harus
memperhatikan narasumber saat melakukan wawancara?
5. Apa yang kamu
persiapkan jika kamu akan melakukan wawancara tentang sumber daya alam?
Contoh Soal PH IPA KD 3.4
1. Berikut merupakan
contoh benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas adalah . . .
a. mesin cuci
b. setrika
c. kipas angin
d. blender
2. Energi listrik
dapat diubah menjadi energi apa saja? Tuliskan dan beri contohnya!
3. Energi apa saja
yang dapat kita temukan di Indonesia?
4. Tuliskan bagaimana
cara melestarikan sumber daya barang tambang!
5. Tuliskan satu
contoh sumber daya hayati, serta manfaatnya bagi kehidupan kita!
Contoh Soal PH IPS KD 3.1
1. Manfaat dari
sumber daya alam lautan adalah . . . .
a.
ikan
sebagai bahan makanan dan air laut sebagai bahan pembuat garam
b.
sebagai
tempat tinggal
c.
sebagai
tempat untuk bekerja
d.
hasil
laut diolah menjadi bahan industri
2. Sumber daya alam apa yang ada di
daerahmu?
3. Apa yang kamu lakukan jika di
daerahmu terdapat banyak sumber daya alam?
4. Jelaskan manfaat batu bara sebagai
sumber daya alam bagi manusia!
5. Tuliskan sumber daya alam yang
paling menonjol di suatu daerah!
Contoh Soal PH PPKn KD 3.4
1. Salah satu kewajibanmu sebagai
siswa adalah . . . .
a.
bermain
b.
belajar
c.
berlibur
d.
membantu
orang tua
2. Kamu adalah seorang siswa. Sebagai
warga negara yang baik, kamu mempunyai kewajiban membela negara. Sebagai siswa,
apa yang kamu lakukan dalam membela negara?
3. Tuliskan contoh hak sebagai warga negara dalam
mengelola sumber daya alam!
4. Tuliskan tiga contoh kewajiban yang
harus kamu lakukan dalam kehidupan bermasyarakat!
5. Kewajiban apa yang kamu lakukan
untuk melestarikan sumber daya alam?
Contoh Soal PH SBdP KD 3.4
1. Salah satu teknik menyanyi
berkelompok adalah . . . .
a.
kanon
b.
kelompok
c.
choir
d.
paduan
2. pemimpin atau dux dalam kanon
adalah . . . .
a.
melodi
pendatang
b.
melodi
pengikut
c.
melodi
pertama
d.
melodi
3. Apa yang kamu ketahui tentang
kanon? Ada berapa kelompok yang terdapat dalam kanon? Jelaskan!
4. Hal-hal apa sajakah yang harus
diperhatikan saat menyanyi dengan diiringi musik ritmis?
5. Tuliskan 5 contoh alat musik
ritmis!
Latihan Soal Subtema 3
Contoh Soal PH Bahasa Indonesia KD
1. Bacalah hasil
wawancara beriku!
Hutan di Indonesia
memang sangat banyak. Kelestarian hutan harus dijaga agar tetap bermanfaat bagi
berlangsungnya kehidupan. Cara menjaga kelestarian hutan ada berbagai macam,
salah satunya dengan tidak menebang hutan secara sembarangan.
Isi hasil
wawancara tersebut adalah . . . .
a. Menjaga binatang
hutan
b. usaha pelestarian
hutan
c. hutan sangat
bermanfaat
d. manfaat hutan
2. Tuliskan daftar
pertanyaan yang kamu ajukan saat akan wawancara tentang kondisi lingkungan!
3. Apa yang kamu
lakukan untuk melestarikan lingkungan?
4. Apa akibatnya jika
kamu tidak ikut melestarikan sumber daya alam?
5. Apa manfaat yang
kamu peroleh dari wawancara?
Contoh Soal PH IPA KD 3.4
1. Berikut adalah hal
yang dapat dilakukan untuk menghemat energi, yaitu . . . .
a. membiarkan keran
air tetap menyala
b. menggunakan
kendaraan bermotor walaupun jarak dekat
c. menyalakan
televisi hingga malam
d. mematikan lampu
jika sudah tidak digunakan
2. Jelaskan menurut
pendapatmu, mengapa kita harus menjaga sumber daya alam?
3. Jelaskan perbedaan
antara sumber energi dan sumber daya energi!
4. Tuliskan tiga
contoh sumber daya energi!
5. Apa manfaat sumber
daya energi matahari bagi kehidupan?
Contoh Soal PH IPS KD 3.1
1. Hal yang
menyebabkan kelangkaan hewan adalah . . . .
a. tidak
menghancurkan habitat asli hewan
b. membiarkan hewan
tinggal di habitat aslinya
c. perburuan liar
d. disimpan di kebun
binatang
2. Apa yang kamu
ketahui tentang flora dan fauna? Jelaskan!
3. Sebutkan flora di
Indonesia yang sudah langka!
4. Bagaimana cara
menjaga fauna di Indonesia agar tidak punah?
5. Apa penyebab flora
dan fauna di Indonesia semakin langka?
Contoh Soal PH PPKn KD 3.4
1. Sikap yang kamu
lakukan ketika mengetahui bahwa ada pabrik yang membuang limbah ke sungai
adalah . . . .
a. mermbiarkan
b. pura-pura tidak
tahu
c. diam saja
d. melaporkan kepada
yang berkuasa
2. Apa kewajiban yang
kamu lakukan dalam menghematsumber energi di rumahmu?
3. Jika musim hujan,
daerah sekitarmu selalu banjir karena masyarakat jarang membersihkan
lingkungan, apa seharusnya kewajiban yang harus kamu lakukan di masyarakat?
4. Menurutmu, apa
yang akan terjadi jika masyarakat tidak peduli terhadap lingkungan?
5. Apa akibatnya jika
kamu tidak melaksanakan kewajiban menjaga pelestarian lingkungan?
Contoh Soal PH SBdP KD 3.2
1. Drum, tamborin,
dan marakas merupakan contoh dari alat musik . . . .
a. tradisional
b. modern
c. melodis
d. ritmis
2. Jelaskan menurut
pendapatmu, perbedaan alat musik ritmis dan alat musik melodis!
3. Apa fungsi tempo
dalam sebuah lagu?
4. Tuliskan lima
contoh alat musik ritmis!
5. Tuliskan lima
contoh alat music melodis!
Untuk mendapatkan Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku dapat di download pada link di bawah ini:
Untuk Soal PH K13 Kelas 4 tema lainnya bisa di lihat pada link di bawah ini
Untuk Soal PH K13 Kelas 4 tema lainnya bisa di lihat pada link di bawah ini
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Makhluk Hidup
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 5
Pahlawanku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 6 Cita Citaku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 7 Indahnya
Keragaman Negeriku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 8 Daerah
Tempat Tinggalku
Soal PH K13 Kelas 4 Tema 9 Kayanya
Negeriku
Posting Komentar
Komentar