Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Revisi 2020
Daftar Isi
Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru. Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas. Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga. Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas. Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman? Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman. Jadi pada prinsipnya pembuatan RPP ini harus juga memperhatikan karakteristik siswa kelas 3 sekolah dasar.
Komponen Utama Dalam RPP 1 Lembar
Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan. Komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas 3 format 1 lembar semester 1 terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.1. Komponen Tujuan Pembelajaran
Untuk merumuskan dalam RPP 1 lembar untuk kelas 3 cukup dengan membuka buku guru pada awal kegiatan pembelajaran. Dalam buku tersebut sudah tercantum tujuan pembelajaran setiap tema
2. Komponen Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a. Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Untuk menyusun kegiatan inti juga dapat melihat kegiatan pokok yang terdapat dalam buku guru setiap tema dalam kelas tiga yang bisa mewakili semua tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan
c. Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3. Komponen Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk pedoman pembuatan penilaian pembelajaran kelas 3 bisa mengacu pada rubrik penilaian yang terdapat pada buku guru setiap kegiatan pembelajaran dalam setiap tema di kelas 3
Contoh RPP 1 Lembar kelas 3 semester 1
Berikut ini kami sajikan satu contoh RPP 1 Lembar kelas 3 semester 1 tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 sebagai berikut :RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : UPTD SDN
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
- Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
- Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
- Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
- Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
- Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving
- Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
- Guru menyampaikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.
- Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation
- Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)
- Siswa mengamati gambar.
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving
- Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.
- Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri
Cicak hidup di darat
Cicak bergerak merayap di dinding
Cicak makan nyamuk
Cicak suka memutuskan ekornya
Gambar ikan di aquarium
Ikan hidup di air.
Ikan bergerak berenang menggunakan sirip. Dan lain-lain.
- Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.
- Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication
- Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
- Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.
- Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
- Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan.Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius
- Penilaian Sikap : Berdasarkan rubrik di buku guru
- Pengetahua: tes tertulisMembuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek, Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.
- Penilaian Keterampilan : Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
Link Download RPP Format 1 Lembar kelas 3 semester 1
- RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
- RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
- RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku
- RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku
- RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Revisi 2020
Apabila guru guru berminat untuk mendapatkan RPP K13
1 lembar SD kelas 1 sd 6 semester 1 dapat unduh pada link yang ada di bawah ini :
Jika sekiranya ada yang kurang atau ada kesalahan pada artikel atau link kami ini sekiranya bisa memberikan masukan di kolom komentar di bawah.
Demikianlah artikel saya tentang RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Semester 1 mudah mudahan bermanfaat kepada kita semua
3 komentar
Komentar