Download RPP 1 Lembar K13 Pendais Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar Pendais Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1. RPP ini sudah di revisi sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanan RPP Kelas Pendais yang tentunya sudah sangat ramping dalam penulisannya dan tidak terlalu banyak memuat kertas
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan guru dalam pembelajaran . Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Dalam pengembangan RPP (PAI) yang diintegrasikan dengan penanaman karakter, seorang guru harus menyadari bahwa dirinya adalah murobby atau orang yang merawat atau membimbing murid-murid agar bisa mengembangkan potensi-potensi kebaikan dalam diri mereka agar bermanfaat bagi dirinya sendiri dan mampu memuliakan kehidupan sesame.
Ini adalah prinsip atau konsep mendasar “al-tarbiyah” dalam pendidikan islam yang harus dipahami dan dihayati oleh setiap guru yang hendak memulai tugas belajar mengajar.
Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar K13 Pendais SD Semester 1
Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.
Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas
Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga.
Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.
Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?
Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.
Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?
Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.
Format Penyusunan RPP 1 Lembar K13 Pendais SD Semester 1
Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas lima semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1. Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik. Yang menarik untuk digaris bawahi yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)
2. Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a. Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3. Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia
Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.
Dalam menyusun ketiga penilaian bersifat efektif, efisien dan terarah
Contoh RPP 1 Lembar K13 Pendais SD Semester 1 Kelas 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : PAI-BP
Kelas/Semester : 1/1 (Ganjil)
Materi : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
Pembelajaran ke : Minggu 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan siswa mampu:
- Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw. secara klasikal maupun individual.
- Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan Nabi Muhammad saw. baik secara klasikal atau individual.
- Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang keteladanan Nabi Muhammad saw.
- Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw.
- Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw.
- Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. baik secara klasikal maupun kelompok.
- Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. secara individual atau kelompok.
- Menghubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. secara kelompok.
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
Kegiatan
Pendahuluan
- Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
- Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
KEGIATAN LITERASI
- Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.dengan cara :
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
- Mengajukan pertanyaan tentang materi : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Membaca sumber lain selain buku teks
- sumber
- Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
- Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
- Berdiskusi tentang data dari Materi : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
- Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
- Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
- Siswa menyanyikan lagu gembira
- Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
- Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
- Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
1. Sikap
- Penilaian Observasi
- Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian(lihat lampiran)
- Penilaian Unjuk Kerja : Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
- Penilaian Proyek(lihat lampiran) : Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
- Penilaian Produk(lihat lampiran)
Link Download K13 Pendais Kelas1, 2 , 3, 4, 5 dan 6 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 1 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 2 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 3 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 4 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 5 Semester 1
- Download RPP 1 Lembar Pendais Kelas 6 Semester 1
Demikianlah artikel saya tentang RPP 1 Lembar K13 Pendais Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Semester 1 mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua.
#tag
Posting Komentar
Komentar