RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1 Revisi 2022
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1. RPP ini sudah di revisi sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanan RPP Matematika yang tentunya sudah sangat ramping dalam penulisannya dan tidak terlalu banyak memuat kertas
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan guru dalam pembelajaran . Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Dalam revisi kurikulum K13 Revisi 2017 mata pelajaran matematika di pisahkan dalam pembelajaran tematik.
Matematika dapat memberikan gambaran kepada kita tentang keunikan dari karakteristik pembelajaran matematika, karena dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM), seorang guru harus memperhatikan dua dimensi secara bersamaan dalam satu kesempatan saat membuat RPP yakni materi ajar dan peserta didik.
Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Selanjutnya upaya mensingkronkan antara materi ajar, peserta didik, fasiitas dan kondisi lingkungan adalah merupakan kretifitas seorang guru dalam perancanagan pembelajaran ( RPP ) yang sesuai dalam hal: 1. Memilih model pembelajaran 2. Memilih pendekatan pembelajaran 3. Memilih strategi pembelajaran 4. Memilih metode pembelajaran 5. Memilih teknik pembelajran 6. Memlih taktik pembelajaran
Beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang guru dalam proses pembelajaran menurut Adam dan Decey (dalam Usman, 2003) mengemukakan peranan guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut: (a) guru sebagai demonstrator, (b) guru sebagai pengelola kelas, (c) guru sebagai mediator dan fasilitator dan (d) guru sebagai valua
Kemampuan matematika yang dipilih dalam RPP dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa agar dapat berkembang secara optimal, serta memperhatikan pula perkembangan pendidikan matematika di dunia sekarang ini.
Untuk mencapai standar kompetensi tersebut dipilih materi-materi matematika dengan memperhatikan struktur keilmuan, tingkat kedalaman materi, serta sifat-sifat esensial materi dan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang Lingkup untuk pembelajaran matematika sekolah dasar (SD/MI) sebagai berikut: 1. Bilangan 2. Geometrid an pengukuran 3. Pengolahan data
Prinsip penyusunan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1
Berdasarkan Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP tersebut, ditetapkan karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang selama ini cukup merepotkan guru.Lalu apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP yaitu ?
Guru-guru sering diarahkan untuk membuat RPP dengan 13 komponen yang sangat rincih dan lengkap sesuai dengan buku guru K13 sehingga menghabiskan waktu yang banyak dan seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu dalam kelas
Lalu apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid ?
Efisien adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan tepat dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga.
Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid adalah RPP disusun dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas.
Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?
Itu bisa saja. RPP dapat disusun dengan singkat contohnya hanya satu halaman atau lebih . asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.
Kemudian Apakah ada standar baku untuk format penyusunan RPP ?
Saya pikir tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, menyusun, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.
Format Penyusunan RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5 dan 6 Semester 1
Dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 . Diantaran penyederhananaan rpp adalah memuat hanya tiga komponen inti saja, sedangkan untuk 10 komponen lainnya sebagai pendukung dan boleh digunakan.Adapun Ketiga komponen dalam RPP Revisi terbaru kelas lima semester 1 terserbut terdiri dari Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau Asesmen.
1. Komponen Tujuan Pembelajaran
tujuan pembelajaran adalah tercapainya suatu perubahan perilaku atau kompetensi pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar baik formal maupun non formal ; (2) tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk sebuah pernyataan atau deskripsi yang spesifik. Yang menarik untuk digaris bawahi yaitu dari pendapat Kemp dan David E. Kapel mengemukakan bahwa perumusan tujuan pembelajaran harus diwujudkan dalam bentuk tertulis. Hal ini mengandung implikasi bahwa setiap perencanaan pembelajaran haruslah dibuat secara tertulis (written plan)
2. Kegiatan Pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran ada tiga aspek pokok yang perlu ada dalam RPP Yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
a. Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan memusatkan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang alokasi waktunya sangat besar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Kegiatan Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menutup kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
3. Penilaian Pembelajaran
Dalam penilaian kurikulum k13 dibagi menjadi tiga aspek yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berimtak, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya hubungan siswa dengan Allah SWT, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan terciptanya hubungan sesama manusia
Penilaian pengetahuan adalah proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi siswa yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif mengingat, memahami,
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan suatu tugas di berbagai macam keadaan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan dilakukan dengan berbagai macam teknik, antara lain penilaian produk, penilaian praktik , penilaian proyek, maupun penilaian portofolio.
Dalam menyusun ketiga penilaian bersifat efektif, efisien dan terarah
Contoh RPP 1 Lembar K13 Matematika Kelas 4,5, 6 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Asemrudung
Kelas / Semester : 5 /1
Pelajaran : Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat
Sub Pelajaran : Bilangan Akar Dua
Pertemuan : 2
Alokasi waktu : 90 menit
A. TUJUAN
- Siswa mampu memahami arti dari bilangan akar pangkat dua.
- Siswa mampu menjelaskan dari bilangan akar pangkat dua.
- Siswa mampu memahami operasi bilangan akar pangkat dua.
- Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan akar pangkat dua.
- Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan akar pangkat dua.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
- Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
- Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
- Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
- Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
- Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
- Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Mengamati
- Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan pangkat dua
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
- Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan akar pangkat dua
- Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan akar pangkat dua
- Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan akar pangkat dua dengan bimbingan guru
- Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan akar pangkat dua.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
- Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
- Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan akar pangkat dua
- Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan akar pangkat dua yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
- Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari bilangan akar pangkat dua
- Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi
- Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
- Salam dan do’a penutup.
- Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian pada buku guru
Posting Komentar
Komentar