Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2020
Daftar Isi
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2020, Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh sekolah.
Kriteria ketuntasan minimal pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk beberapa kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan nilai batas ambang kompetensi
Pedoman dalam menentukan penetapan KKM SD Kurikulum 2013 yaitu :
- KKM di buat dan ditetapkan pada awal tahun oleh setiap sekolah berdasarkan hasil musyawarah guru mapel dan kepala sekolah di setiap sekolah.
- Ketuntasan Belajar tiap indikator yang telah diputuskan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
- Nilai dari Kriteria ketuntasan minimal dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100.
- Setiap Satuan pendidikan atau sekolah dapat menetapkan dan menentukan Kriteria ketuntasan minimal berada di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara berjenjang meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal.
- Nilai Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik
Fungsi Kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu :
- Sebagai acuan bagi guru dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai muatan KD mata pelajaran yang diikuti.
- Sebagai acuan bagi siswa dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
- Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan.
- Merupakan kontrak pedagogik antara guru dengan siswa dan sekolah dengan masyarakat.
- Merupakan target sekolah dalam pencapaian kompetensi tiap mapel.
Langkah Langkah Penetapan KKM yaitu :
- Pendidik atau kelompok guru menetapkan Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa.
- Hasil dari penetapan KKM oleh pendidik atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan pendidik dalam melakukan penilaian
- Kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sebaiknya disosialisaikan kepada semua pihak-pihak yang berkepentingan baik siswa, orang tua, dan dinas pendidikan KKM dicantumkan dalam LHB pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.
Tata Cara Penentuan KKM yaitu :
Ada tiga indikator penting dalam penentuan KKM yaitu
Kompleksitas: (kesulitan atau kerumitan) dalam setiap Kompetensi dasar atau indikator yang harus dicapai oleh peserta didik
Daya Dukung ( Ketersediaan Tenaga ) : Sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan, Biaya operasional pendidikan, Manajemen Sekolah, Kepedulian stakeholders sekolah
INTAKE: (Tingkat Kemampuan Rata-rata Peserta Didik) yaitu tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran.
Contoh Penetapan KKM SD K13 Kelas 4 Mapel Bahasa Indonesia
Nama Sekolah
|
:
|
SDN
|
|||||
Muatan Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|||||
Kelas
|
:
|
IV (Empat)
|
|||||
Tahun Pelajaran
|
:
|
2019/2020
|
|||||
Tema
|
Mapel
|
Kompetensi Dasar
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intak Siswa
|
KBM KD
|
|
1
|
Bahasa Indonesia
|
3.1
|
Mencermati gagasan
pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau
visual
|
70
|
75
|
65
|
70
|
4.1
|
Menata informasi
yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam
kerangka tulis
|
65
|
60
|
70
|
65
|
||
3.2
|
Mencermati keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
|
70
|
75
|
65
|
70
|
||
4.2
|
Menyajikan hasil
pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
|
60
|
65
|
70
|
65
|
||
2
|
Bahasa Indonesia
|
3.2
|
Mencermati keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
|
75
|
70
|
60
|
68
|
4.2
|
Menyajikan hasil
pencermatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
|
60
|
60
|
75
|
65
|
||
3.4
|
Membandingkan teks
petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
|
70
|
75
|
60
|
68
|
||
4.4
|
Menyajikan teks
petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif
|
75
|
60
|
70
|
68
|
||
3
|
Bahasa Indonesia
|
3.3
|
Menggali informasi
dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
|
65
|
70
|
75
|
70
|
4.3
|
Melaporkan hasil
wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks
tulis
|
70
|
75
|
65
|
70
|
||
4
|
Bahasa Indonesia
|
3.5
|
Menguraikan pendapat
pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
|
60
|
60
|
75
|
65
|
4.5
|
Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang
dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan
|
70
|
75
|
60
|
68
|
||
5
|
Bahasa Indonesia
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
|
70
|
75
|
65
|
70
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
60
|
65
|
70
|
65
|
||
3.8
|
Membandingkan hal
yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
|
75
|
70
|
60
|
68
|
||
4.8
|
Menyampaikan hasil
membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan
bahasa sendiri
|
60
|
60
|
75
|
65
|
||
6
|
Bahasa Indonesia
|
3.6
|
Menggali isi dan
amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan
|
70
|
75
|
60
|
68
|
4.6
|
Melisankan puisi
hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai
bentuk ungkapan diri
|
75
|
60
|
70
|
68
|
||
7
|
Bahasa Indonesia
|
3.9
|
Mencermati
tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
|
60
|
65
|
70
|
65
|
4.9
|
Menyampaikan hasil
identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh
pada cerita fiksi
|
75
|
70
|
60
|
68
|
||
3.10
|
Membandingkan watak
masing-masing tokoh pada teks fiksi
|
60
|
60
|
75
|
65
|
||
4.10
|
Menyajikan
cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau
mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
70
|
75
|
60
|
68
|
||
8
|
Bahasa Indonesia
|
3.9
|
Mencermati tokoh-tokoh
yang terdapat pada teks fiksi
|
75
|
60
|
70
|
68
|
4.9
|
Menyampaikan hasil
identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh
pada cerita fiksi
|
65
|
70
|
75
|
70
|
||
3.10
|
Membandingkan watak
masing-masing tokoh pada teks fiksi
|
70
|
75
|
65
|
70
|
||
4.10
|
Menyajikan
cara-cara yang dilakukan oleh tokoh cerita fiksi dalam memperjuangkan atau
mempertentangkan hal-hal yang diinginkan
|
60
|
65
|
70
|
65
|
||
9
|
Bahasa Indonesia
|
3.7
|
Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
|
75
|
70
|
60
|
68
|
4.7
|
Menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
60
|
60
|
75
|
65
|
||
3.8
|
Membandingkan hal
yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
|
65
|
75
|
60
|
67
|
||
4.8
|
Menyampaikan hasil
membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan
bahasa sendiri
|
70
|
60
|
70
|
67
|
||
RATA-RATA KKM
|
67
|
67
|
67
|
||||
KKM Mupel Bahasa
Indonesia
|
67
|
Fitur fitur dan Cara Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi Terbaru
Di dalam Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas Empat Revisi Terbaru terdapat tiga menu utama yaitu :
- Data Utama yaitu untuk mengedit identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah kompenen, dengan mengedit komponen ini maka semua identitas guru, kepala sekolah dan nama sekolah berubah otomatis.
- Menu Mapel yaitu menu untuk mengisi KKM setiap mata pelajaran, dalam mengisi KKM cukup menambahkan nilai maka akan terhitung secara otomatis, tidak perlu lagi menjumlah secara manual setelah menambahkan nilai KKM setiap indikator KD
- Menu Rekap KKM yaitu menu untuk melihat rekap seluruh KKM dalam setiap mata pelajaran
Manfaat Menggunakan Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi Terbaru
- Manfaat utama dalam Aplikasi KKM K13 ini yaitu guru tidak perlu lagi menghitung nilai nilai KKM setiap KD dan mata pelajaran secara manual yang cukup memusingkan dan bisa menyita banyak waktu bagi guru
- Dengan adanya aplikasi KKM ini bisa memudahkan para guru kelas 4 untuk mengubdate nilai KKM nya karna guru yang memakai KKM itu itu saja tanpa pernah mengubdata KKM nya setiap tahun termasuk guru yang kurang profesional
Download Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4
Apabila guru berniat memiliki sebuah Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai 6 , bisa di unduh pada link dibawah ini :
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 1
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 2
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 3
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 4
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 5
KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 6
Demikianlah artikel saya tentang KKM SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi. Mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua
Posting Komentar
Komentar